Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut Kunjungi Siantar Martoba

Wakil Wali Kota, Togar Sitorus bersama Camat Siantar Martoba, Ari Sembiring, Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik dari Provinsi Sumut dipimpin Irvan Gani P Siahaan dan rombongan.

Siantar, Lintangnews.com | Rombongan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara mengunjungi Kecamatan Siantar Martoba, Kota Siantar.

Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik dari Sumut dipimpin Irvan Gani P Siahaan dan rombongan disambut Wali Kota, Hefriansyah melalui Wakil Wali Kota, Togar Sitorus.

Togar dalam sambutannya menyampaikan, dengan penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi hendaknya dapat lebih memotivasi dan memacu semangat para Camat di Siantar.

“Karena bagaimanapun Camat merupakan lini terdepan serta langsung berhubungan dengan masyarakat dalam melaksanakan amanah tugas dari pemerintah dan dapat lebih meningkatkan kualitas kerja. Sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan sumber daya masyarakat,” sebut Togar di lapangan depan Kantor Camat Siantar Martoba, Rabu (3/10/2018).

Dirinya berharap dan mengajak seluruh masyarakat Siantar untuk mendoakan agar Kecamatan Siantar Martoba mampu menjadi yang terbaik di tingkat Sumatera Utara.

Dalam penyambutan tim penilai ditandai dengan penyerahan cendramata berupa plakat serta pemberian batik bermotif ulos hasil dari kerajinan di Siantar Martoba.

Cendramata langsung diserahkan Togar Sitorus didampingi Camat Siantar Martoba Ari S Sembiring, Ketua PKK Kecamatan Siantar Martoba, Sari Dewi Ari S Sembiring kepada Irvan Gani P Siahaan.

Sementara itu Ari Sembiring dalam ekpos Kecamatan Siantar Martoba memaparkan struktur wilayah Kecamatan, keadaan penduduk dan pemerintahan, serta beberapa program. Misalnya mengadakan rapat staf, perolehan pajak yang meningkat, pelayanan prima pada masyarakat dengan mempermudah segala urusan mulai dari tingkat Kelurahan hingga Kecamatan, serta selalu mengadakan koordinasi dengan instansi vertikal seperti dari Kepolisian dan TNI.

Ari juga menerangkan, kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Kepala Lingkungan (Kepling) yang cukup berperan aktif di lapangan, termasuk mendirikan forum swadaya yang dapat tetap berkomunikasi satu dengan yang lain.

Beberapa program pembangunan juga dilaksanakan seperti gotong royong, perbaikan jalan setapak, fasilitas umum, fasilitas keagamaan, program lanjut usia (lansia), PKK, Karang Taruna, kerajinan tangan, kelompok usaha dan permodalan, Posyandu dan lainnya.

Sementara Ketua Tim PKK Siantar Martoba, Sari Dewi Ari Sembiring memaparkan mengenai perkembangan PKK di daerah itu. Termasuk berbagai prestasi yang diraih, serta membuat satu program di bidang kesehatan.

Irvan Siahaan dalam sambutannya mengatakan, seluruh komponen masyarakat harus mendukung program Kecamatan. “Bagaimana Kota ini berhasil, sementara Kecamatan tidak mendukung. Kecamatan harus bersinergi dengan masyarakatnya dalam memajukan wilayahnya,” papar Irvan.

Dirinya juga menjelaskan, kriteria penilaian Kecamatan terbaik ini adalah pelayanan publik, selanjutnya dari segi administrasi, pemerintahan, terutama kepemimpinan dan pelayanan kepada masyarakat.(elisbet)