Tim Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga Salurkan APD ke 5 Kabupaten di Sumut

Pemberian bantuan Alat Pelindung Diri pada sejumlah RSUD dan Puskesmas dari Tim Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga.

Jakarta, Lintangnews.com | Tim Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanggulangan Covid-19 (Virus Corona) di 5 Kabupaten di Sumatera Utara yaitu, Labuhanbatu, Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara (Taput), Toba dan Samosir.

Ada pun penerima bantuan adalah lima RSUD di masing-masing Kabupaten dan 67 Puskesmas.

Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Partai Golkar, Lamhot Sinaga mengatakan, bantuan yang diberikan terdiri dari 50 buah APD lengkap (masker, baju, cover, all, kacamata google, hair set dan sarung tangan), 500 buah APD dispossable, 250 boks masker medik, 50 pasang sepatu medik, 10 paket wastafel, 100 botol hand sanitizer, 20.000 buah masker kain/non medik, 20 buah alat penyemprotan disinfektan dan 1.000 liter cairan disinfektan.

Dia menuturkan pemberian bantuan ini dilakukan Tim Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga dibantu Relawan Lamhot Sinaga (Relasi) yang berlangsung mulai tanggal 14-19 Mei 2020.

Lamhot mengakui, dirinya ingin hadir langsung untuk menyalurkan bantuan tersebut. Namun kondisi yang tidak memungkinkan untuk hadir secara fisik maka pemberian bantuan dilakukan Tim Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga dan Relasi.

Lamhot menambahkan, pemberian bantuan itu terlaksana berkat kerjasama dengan mitra kerja di Komisi VI DPR RI yaitu, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Saya ingin memperjuangkan, agar RSUD dan seluruh Puskesmas di Daerah Pemilihan (Dapil) saya (Sumut II) memiliki alat kesehatan yang dapat dipergunakan untuk penanggulangan Covid-19,” kata Lamhot dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020).

Paling tidak, sergahnya kemudian, dirinya ingin memastikan seluruh Puskesmas memiliki APD, masker medik dan alat kesehatan yang dibutuhkan.

Dia berharap, melalui bantuan ini para medis sebagai ujung tombak penanggulangan Covid-19 dapat bekerja secara lebih maksimal di berbagai RSUD dan Puskesmas dengan peralatan yang memadai.

“Di tengah-tengah kelangkaan APD di berbagai Rumah Sakit (RS), kami hadir untuk membantu melengkapi seluruh RSUD dan Puskesmas di Bonapasogit dan Labuhanbatu yang saat ini telah lengkap memiliki APD dan peralatan lainnya,” kata Lamhot.

Sementara itu, pemberian bantuan di Humbahas diterima langsung oleh Bupati Dosmar Banjarnahor, di Kabupaten Toba juga diterima langsung Bupati Darwin Siagian. Sedangkan di Kabupaten lainnya diwakilkan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Direktur RSUD dan Kepala Puskesmas (Kapus) setempat.

Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe melalui Kadinkes menyampaikan terima kasih pada Lamhot Sinaga yang telah memberikan bantuan tersebut.

“Seluruh jajaran kami menyampaikan rasa bangga atas perhatian dan kepedulian pak Lamhot Sinaga, yang selama ini beliau selalu memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Labuhanbatu,” ujar Kadinkes.

Menurutnya, bantuan ini akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk penanggulangan Covid-19 di Labuhanbatu. “Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir dan penderitaan masyarakat tidak berkepanjangan lagi,” ujarnya berharap.

Di sisi lain, para Kapus yang menerima bantuan juga merasa senang dan bangga karena diperhatikan salah seorang Anggota DPR-RI. “Kami jadi tambah bersemangat untuk bekerja memerangi Covid-19,” ungkap salah seorang Kapus.

Lamhot mengatakan, usai pemberian bantuan APD tersebut dirinya akan bergerak terus berupaya mengurangi beban masyarakat untuk menanggulangi Covid-19.

“Kami akan melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu pemberian bantuan sembako sebanyak 10 ribu paket yang akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” pungkasnya. (Edo)