Tim Supervisi dan Monitoring LBS /Hatinya PKK Deli Serdang Kunjungi Desa Pasar VI Kualanamu

Kunjungan Tim Supervisi dan Monitoring Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang di Desa Pasar VI Kualanamu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Tim Supervisi dan Monitoring Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang kategori Lingkungan Bersih dan Sehat serta Hatinya PKK kunjungi Desa Pasar VI Kualanamu, Kecamatan Beringin, Rabu (12/10/2021).

Kunjungan yang dipimpin Ketua Pokja III PKK Deli Serdang, Evi Zaki itu bertempat di aula Desa Pasar VI Kualanamu.

Ketua PKK Deli Serdang, Yunita Ashari Tambunan dalam sambutannya yang disampaikan Evi Zaki mengatakan, pelaksanaan kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi pada desa percontohan 10 program pokok PKK yang diperlombakan pada 9 kategori setiap tahunnya.

“Khusus tahun 2020 PKK Kabupaten Deli Serdang tidak melaksanakan kegiatan itu dikarenakan merebaknya Virus Corona (Covid-19) di dunia, khususnya di Indonesia,” sebutnya.

Dirinya juga menghimbau semua pihak untuk dapat mematuhi protokol kesehatan (prokes), dengan mematuhi 5M yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari keramaian dan menghindari mobilitas.

“Untuk memberhasilkan gerakan PKK yang kita harapkan dapat mengatasi berbagai masalah dalam masyarakat seperti kurangnya kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta masih adanya kasus KDRT, traffiking, masalah ekonomi keluarga, pendidikan, pemanfaatan lahan pekarangan keluarga dalam memenuhi kebutuhan gizi dan pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga,” ujar Yunita.

Selain itu, PKK mulai dari tingkat pusat sampai kecamatan berupaya untuk membina Desa/Kelurahan secara umum dan menyeluruh, bekerjas sama dengan dinas terkait Pemkab Deli Serdang. Melaksanakan pembinaan pada 5 Desa /Kelurahan di setiap Kecamatan dengan 9 kategori yaitu tertib administrasi PKK dan Posyandu, pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga dan PKK-KB-Kesehatan, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pemanfaatan halaman dan perkarangan (Hatinya) dan LBS, serta pelaksanaan infeksi visual asam assetat (IVA) test dalam rangka pencegahan Kanker mulut rahim dan PHBs.

Kepala Desa (Kades), Wiwin Purwadi mengucapkan selamat datang pada Tim Supervisi dan Monitoring PKK Deli Serdang yang telah mengunjungi desa Pasar VI Kualanamu. Pihaknya merasa bangga ditetakan sebagai Desa Percontohan kategori LBS dan Hatinya PKK.

“Kiranya Tim Supervisi dan Monitoring pkk Deli Serdang dapat memberi arahan dan pembinaan agar desa ini dapat menghasilkan yang terbaik,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PKK Desa Pasar VI Kualanamu, Sri Wahyuni Wiwin Purwadi menyampaikan ekspos LBS dan Hatinya PKK secara gamblang melalui infokus. (Idris)