Tingkatkan Kompetensi SDM, Kominfo Medan dan Pemkab Asahan Bimtek Fasilitasi SKKNI

5

Asahan, Lintangnews.com | Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia Penelitian ((BBPSDMP) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Medan bekerjasama dan Pemkab Asahan laksanakan bimtek fasilitasi sertifikasi kompetensi nasional berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Kominfo bagi Angkatan Kerja Muda Indonesia, Kamis (11/7/2019).

Tujuan dilaksanakannya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi di dunia industri komunikasi nasional pada khususnya, dan untuk bersaing di dunia internasional pada umumnya.

Mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Abdul Rahman Harahap mengatakan, manfaat bagi peserta mendapatkan keahlian di bidangnya melalui uji kompetensi (sertifikasi) kegiatan fasilitasi sertifikasi nasional diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan. Kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.

Abdul Rahman menyampaikan, peserta yang ikut pelatihan sebanyak 60 orang dari 5 Kabupaten/Kota antara lain, Asahan, Batubara, Paluta, Medan dan Tanjung Balai yang dilaksanakan pada tanggal 9-13 Juli 2019 di Kota Kisaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Asahan, Surya yang diwakili Kepala Dinas Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar menyambut baik kegiatan itu saat membuka acara fasilitasi SKKNI ini dan menyatakan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) perlu.

“Pelatihan pengembangan program sumber daya manusia di bidang TIK perlu yang mana semangkin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini hingga dengan kegiatan seperti ini dapat menyiapkan para generasi muda yang handal dan siap pakai,” ujar Hidayat.

Surya juga mengatakan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan sungguh-sungguh, lalu pada penyelenggara dapat melaksanakan pelatihan dengan sebaik mungkin dan memanfaatkan waktu seefektif mungkin. (Heru)