Tuntut Gaji, Korwil Tanah Jawa Desak Guru Komite SDN 091559 Banua Hentikan Pemberitaan

Korwil Pendidikan Tanah Jawa, Berto Sitio dan Bendahara Sekolah, Sartika Saragih.

Simalungun, Lintangnews.com | Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Berto Sitio terindikasi mengintimidasi oknum guru komite SD Negeri 091559 Banua, Belman Sinaga.

IKLAN

Pasalnya Berto memaksa Belman Sinaga untuk menghentikan pemberitaan itu dan baru lah gajinya mengajar akan dibayarkan.

“Saat ibu Lorita Siburian menelepon saya dan menyuruh masuk ngajar. Jadi saya jawab, kalau gajiku tak di bayar, aku tak mau masuk,” ucap Belman, kemarin.

Dia menuturkan, untuk apa dirinya masuk sekolah mengajar tetapi tidak gajian. Belman juga mempertanyakan pada Lorita soal keberadaan gajinya dari bulan Januari-Maret 2020.

“Benar, tetapi sudah saya kembalikan lagi ke Sartika Saragih (bendahara sekolah),” terang Belman menirukan perkataan Lorita.

Menurut Lorita, alasannya mengembalikan lagi gaji itu karena Korwil yang memerintahkan jangan diberikan sebelum Belman menghentikan pemberitaan.

“Kan lucu. Gara-gara gaji 3 bulan setara Rp 600 ribu justru saya dipersulit. Saya mirip diintimidasi. Sementara gaji saya kan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),”┬áterang Belman.

Menurut Belman, dirinya juga diancam bendahara sekolah, Sartika Saragih. “Polisi datang ke rumah mu ngangkat kau, begitu ancamannya. Karena saya ingatkan dia agar jangan kurang ajar ngomong, mengingat dirinya masih gadis,” tukas Belman.

Terpisah, Sartika Saragih justru menyalahkan Belman. “Sudah jelas dia tak mengurus berkas, gak bisa lah gajian. Ini malah menuntut,” kata Sartika.

Disinggung soal tuntutan Belman atas gajinya mengajar adalah haknya, Sartika justru beralasan lain.

“Saya bukan Kepala Sekolah (Kepsek), tetapi kenapa dibilang saya yang diam-diamkan gajinya. Laksanakan kewajiban dulu baru menuntut hak,” tegas Sartika mirip sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Sayang, terkait indikasi intimidasi yang dilakukan terhadap Belman Sinaga, justru Berto terkesan bungkam. Karena konfirmasi yang dilayang lintangnews.com, Minggu (26/7/2020) sekira pukul 14.48 WIB, tampak ceklis 2 pada layar pesan WhatsApp (WA) nya. (Zai)

IKLAN