Turjawali Polres Tobasa Tindak Pengendara Tanpa Helm dan Kelengkapan Surat

Anggota Turjawali menilang pengendara sepeda motor tidak memakai helm dan kelengkapan surat.

Tobasa, Lintangnews.com | Sesuai arahan Kapolres Toba Samosir (Tobasa), AKBP Elvianus Laoli, Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Satuam Lalu Lintas, Aiptu Bahagia Peranginangin, pimpin operasi rutin yang digelar di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kota Balige, pada Rabu (12/9/2018) sore.

“Razia ini bertujuan agar setiap pengemudi mematuhi tertib berlalulintas yang baik dan benar. Kesadaran pengendara sepeda motor dalam tertib berlalulintas, khususnya pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm serta surat kenderaan termasuk Surat Ijin Mengemudi (SIM),” kata Aiptu Bahagia.

Dia juga menekankan kepada pengendara sepeda motor agar jangan lupa untuk mengenakan helm. Menurutnya, dengan memakai helm dapat mengurangi resiko kecelakaan yang lebih fatal.

“Sebab kita tidak mengetahui kejadian naas yang akan terjadi di jalan raya. Jadi dengan menggunakan helm dapat menghindari benturan kepala kita,” ujarnya.

Aiptu Bahagia juga mengingatkan agar jangan sekali-kali mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm. Lanjutnya, dengan melakukan razia seperti ini, pihaknya  menyadarkan masyarakat betapa pentingnya perlindungan diri sejak awal, dengan tidak lupa memakai helm, mencintai nyawa dan keluarga yang menanti keselamatan di rumah.

“Masyarakat harus memiliki tekad stop pelanggaran dan kecelakaan demi untuk keselamatan. Sebab keselamatan yang utama dan ingat keluarga menanti kita di rumah kembali dengan selamat,” pesan Aiptu Bahagia.

Untuk membuat efek jera bagi pengendara, pihaknya membuat teguran dan peringatan. Bahkan ada beberapa yang ditilang, sebab kesalahan yang dilakukan dalam pelanggaran berlalulintas tidak dapat ditolelir lagi.

“Perlu kita tekankan kepada masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Tobasa agar mematuhi peraturan berlalulintas, khususnya dalam mengenakan helm jika tidak ingin kami tindak tegas. Unit Turjawali akan terus melakukan razia seperti ini untuk mengurangi tingkat kecelakaaan di jalan raya,” kata Aiptu Bahagia. (asri)