Ucapkan Selamat Hari Pahlawan, Kapolres Simalungun Datangi Kediaman Veteran

150
Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu menuntun salah seorang pejuang.

Simalungun, Lintangnews.com | Sebelum pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, AKBP Heribertus Ompusunggu selaku Kapolres Simalungun datangi kediaman para veteran di Kabupaten Simalungun.

Kedatangannya untuk mengucapkan selamat Hari Pahlawan ke 74, serta mengajak hadir pada upacara peringatan di Lapangan Kantor Bupati Simalungun, Pematang Raya, Minggu (10/11/2019).

Sebagai bentuk penghargaan tertinggi bagi para pahlawan Republik Indonesia itu, Kapolres mengajak Pemkab Simalungun bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk melaksanakan upacara Hari Pahlawan secara bersama-sama.

Upacara dimulai sekira pukul 08.00 WIB, ditandai dengan masuknya Sekretaris Daerah (Sekda), Gidion Purba mewakili Bupati Simalungun dan Kapolres ke lapangan upacara.

Upacara ini juga bertujuan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, serta seluruh daerah Nusantara dalam mempertahankan Repulik Indonesia dengan suasana kidmat dan hening, dinyanyikan lagu-lagu perjuangan yang diakhiri dengan heningkan cipta oleh Gidion Purba yang bertindak selaku inspektur upacara (irup).

Sebelumnya, Iptu Juni selaku Kapolsek Panei Tongah yang bertindak sebagai Komandan Upacara terlebih dahulu memimpin penghormatan bagi arwah para pahlawan.

Selepas upacara, Sekda didampingi Kapolres meninggalkan tempat upacara dan langsung menuju para perwakilan pejuang dan veteran yang diundang serta dijemput sebelumnya.

Pada upacara itu, sebagai perwakilan pejuang sebanyak 5 orang diberikan tali asih sebagai tanda penghargaan.

Kapolres menegaskan, bangsa yang besar adalah menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Maka sudah menjadi tugas sebagai penerus untuk turut mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan tersebut.

“Menjadi kewajiban kita sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan, terutama memperjuangkan dan memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lainnya. Karena ini semua belum seberapa dibandingkan perjuangan para pejuang sebelumnya,” ucap Kapolres.

AKBP Heribertus juga menyempatkan bercanda gurau dengan pejuang. Sehingga salah seorang pejuang pak Purba yang sudah mencapai usia 97 tahun menyanyikan lagu perjuangan dengan menggunakan bahasa Jepang dan Belanda.

Usai pelaksanaan upacara, Kapolres juga mengajak pejuang dan veteran minum kopi ke Hotel Simalungun City di Pematang Raya sambil mendengarkan kisah-kisah perjuangan tempo dulu yang pernah mereka alami langsung. (rel/zai)