UHKBPNP Gelar Olimpiade Matematika, Ini Persyaratannya

Brosur UHKBPNP dalam melaksanakan Olimpiade Matematika tingkat SMA/Sederajat se Provinsi Sumatera Utara.

Siantar, Lintangnews.com | Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) akan melaksanakan Olimpiade Matematika tingkat SMA/Sederajat se Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu 15 Februari nanti memperebutkan piala Rektor.

Ketua LPPMB UHKBPNP, Hotman Simbolon menuturkan, matematika merupakan dasar dari ilmu pengetahuan yang memiliki peran penting menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

“Dengan belajar matematika, kaum milenial (peserta didik) sebagai generasi penerus bangsa akan mampu berpikir logis kritis, sistematis dan konsisten, serta membentuk pribadi yang kreatif dan inovatif,” ujarnya, Rabu (5/2/2020).

Kendati demikian, terang Hotman, realita yang dihadapi saat ini sebagian besar peserta didik mengangggap matematika merupakan ilmu yang sangat menjenuhkan. Sehingga banyak siswa-siswi SMA cenderung sedikit berprestasi di bidang matematika.

Kecenderungan itu dapat dilihat dari rata-rata nilai ujian nasional mata pelajaran matematika yang secara umum menunjukkan angka signifikan. Di mana nilai matematika lebih rendah dibanding dengan mata pelajaran lainnya.

“Olimpiade Matematika salah satu bentuk pendekatan untuk membangkitkan kecintaan peserta didik terhadap matematika. Belajar matematika itu begitu asyik dan menyenangkan. Kita punya cara atau metode memudahkan siswa-siswi, kaum millennial belajar matematika,” ucap Hotman kepada wartawan di kampus UHKBPNP.

Sementara itu, Ketua Panitia, Yoel Purba mengatakan, persyaratan mengikuti Olimpiade Matematika adalah siswa-siswi SMA atau sederajat di wilayah Sumut. Lalu mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan fotocopy kartu pelajar dan foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar memakai seragam sekolah.

“Adik-adik pelajar SMA, yuk ikut olimpiade matematika. Adik-adik juga bisa download formulir dengan mengunjungi kami https://umaclppmbuhkbpn.wordpress.com/. Jangan sampai ketinggalan, buruan,” imbuhnya.

Selain memperebutkan piala Rektor UHKBPNP, bagi peserta yang berhasil memenangi olimpiade ini akan mendapatkan trophy penghargaan, uang pembinaan dan beasiswa.

“Peringkat I sampai IV dapat beasiswa dari UHKBPNP. Untuk peringkat I sampai X dapat tropy penghargaan dan uang pembinaan,” terang Yoel.

Disinggung kapan dimulai pendaftaran dan biaya serta fasilitas yang didapatkan peserta, Yoel menjelaskan, telah dimulai sejak tanggal 22 Januari sampai 10 Februari 2020, sedangkan biaya pendaftaran hanya Rp 75.000.

“Yang pasti, semua peserta dapat soal, sertifikat dan snack atau makanan ringan,” tutupnya. (Elisbet)