UKM KBM USI dan KPUD Siantar Gelar Konser Anti Golput 

Komisioner KPUD Siantar, Nurbaiyah Siregar, Purek III USI Elpina Tanjung, akademisi, Hisarma Saragih bersama dengan mahasiswa-mahasiwi saat menggelar konser anti golput di pelataran Auditorium Radjamin Purba USI.

Siantar, Lintangnews.com | Mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Budaya dan Musik Universitas Simalungun (UKM KBM USI) menggandeng Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar menggelar konser anti golongan putih (golput) di pelataran Auditorium Radjamin Purba USI, Rabu (10/4/2019).

Host (pembawa acara) Mella Manurung dan Yusri Puspita Sari membuka acara dengan yel yel, ‘17 April 2019 no golput, no golput’. Mereka juga mengatakan, ‘pilih lah jagoan masing-masing, jangan sampai golput’.

Salah seorang Komisioner KPUD Siantar, Nurbaiyah Siregar menyampaikan, pihaknya antusias atas diselenggarakannya acara konser anti golput yang digagas sekelompok mahasiswa di Siantar.

“Karena, Pemilu tahun 2019 ini perlu disosialisasikan, terutama tentang golput. KPUD Siantar menganggap, dengan konser musik lah, kita dapat menyentuh hati para generasi millennial secara khusus. Diharapkan, 17 April nanti, seluruh masyarakat Siantar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Elpina Tanjung selaku Pembantu Rektor (Purek) III USI mengatakan, tema golput diangkat, karena fenomena itu (golput menjadi salah satu kekhawatiran di dalam setiap pelaksanaan Pemilu. Golput menjadi salah satu faktor menurunnya tingkat kepercayaan publik terhadap pemimpin di negara ini.

“Mahasiswa tidak boleh golput. Mahasiswa harus anti golput,” kata Elpina Tanjung di hadapan puluhan mahasiswa dan undangan yang hadir.

Sementara, Akademisi Hisarma Saragih dalam sambutannya mengatakan, ada perhatian yang sungguh luar biasa dari mahasiswa terhadap keberlangsungan negara ini. “Mereka melakukan pendekatan dari sisi seni dalam menyikapi pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Siantar,” kata Hisarma.

Konser anti golput 2019 itu dihibur oleh Dwi Kribo, dengan judul lagu ‘Wakil Rakyat’ yang dipopulerkan Iwan Fals. Dan Fathin feat Bob Nakal dengan judul lagu ‘Zona Nyaman’ yang dipopulerkan Four Twoenty. Ada juga penampilan tarian budaya, berupa tor tor Somba dari komunitas KBM USI.

Menutup acara, Anugerah Nausution, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Mata Publik membuka sesi diskusi, membahas tentang, cara menekan angka golput di Siantar. Dengan narasumber, Nurbaiyah Siregar, Hisarma Saragih dan Elpina Tanjung.(elisbet)