Universitas Efarina Gelar Pengabdian Masyarakat di Saran Padang        

Foto bersama usai kegiatan yang dilaksanakan Universitas Efarina di Saran Padang.

Simalungun, Lintangnews.com | Universitas Efarina (Unefa) melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat di Nagori Saran Padang, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Selasa (23/4/2019), kemarin.

Kegiatan bakti sosial itu digelar untuk membuktikan bahwasanya Unefa merupakan perguruan tinggi yang peduli masyarakat, bangsa dan negara.

Pembantu Rektor III membidangi Kemahasiswaan dan Kerjasama, Elba Frida Silalahi, didampingi Dekan Fakultas Kesehatan, Pinondang Siregar mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat  di Nagori Saran Padang adalah bagian dari integral Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dharma yang lain yaitu, pengajaran dan penelitian melibatkan segenap civitas akademik terdiri dari dosen, mahasiswa, alumni dan tenaga pendidik,” kata Elba.

Tambahnya, tujuan lainnya sebagai wujud nyata kepedulian Unefa terhadap bangsa dan negara secara umum dan Kabupaten Simalungun secara khusus. Ini juga promosi pada masyarakat luas tentang Unefa yang baru-baru ini mendapat nilai akreditasi B terhadap program studi PGSD dan Program Studi Kesehatan Masyarakat.

Elba mengatakan, kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan setidaknya menjadi bukti bahwa misi perguruan tinggi tidak hanya bersifat akademis semata.

“Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan juga harus memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Kegiatan ini penting sebagai pembelajaran bermasyarakat, sekaligus mengaktualisasikan potensi diri dari universitas,” sebutnya.

Dalam kegiatan itu, Pinondang Siregar menjadi narasumber penyuluhan kesehatan kepada ibu dan anak.

Kegiatan itu dihadiri Camat Dolok Silau, Anggiat Haloho, Kepala Puskesmas Dolok Silau, Benhur Tarigan, Kapolsek, Direktur RSUD Tuan Rondahaim, Elisabet dan Astri Nurhayati sebagai mitra kerjasama Unefa.

Sementara Anggiat Haloho mengapreasiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Unefa dan menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara. (rel/zai)