Wabup Asahan Buka Kegiatan Pemagangan dalam Negeri 

Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar memberikan cenderamata pada perwakilan peserta.

Asahan, Lintangnews.com | Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar membuka secara resmi kegiatan pemagangan dalam negeri program pendidikan dan pelatihan vokasi Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (10/7/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan, Pelatihan dan Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumut, Gaharuman Harahap menyampaikan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap atau prilaku dan pengalaman di industri/perusahaan sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja.

“Para peserta latihan ini telah mengikuti rekruitmen dan seleksi dan dinyatakan lulus berdasarkan nilai tertinggi,” ucapnya.

Menutup laporannya, Gaharuman mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama 5 bulan terhitung dari tanggal 5 Juli 2021 sampai dengan 30 November 2021.

Sementara Kepala Disnaker Sumut,  Baharuddin Siagian mengatakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengangguran sekaligus meningkatkan kompetensi melalui program pemagangan dalam negeri. Program ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembangunan di Dalam Negeri.

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada perusahaan penyelenggara yang telah berkenan menerima peserta magang dalam negeri untuk mengasah keterampilan untuk memperoleh kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Bupati Asahan diwakili Taufik Zainal mengatakan, agar jangan pernah merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pelatihan ini, karena hasilnya nanti dapat bermanfaat bagi para peserta.

“Saya yakin jika mengikuti pelatihan ini dengan baik dan benar, serta mengikuti intruksi yang diberikan para instruktur, maka akan berhasil,” ucapnya.

Kepada Disnaker Asahan, Wabup meminta agar memasukan semua data base peserta yang telah mengikuti pelatihan. Sehingga jika membutuhkan tenaga kerja, Pemkab Asahan dapat mengambil para peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut. (Heru)