Wabup Deli Serdang: Kades harus Berpegang pada 4 Konsensus Kebangsaan  

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar saat menutup bimbingan teknis (bimtek) Wawasan Kebangsaan Kepala Desa.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kepala Desa (Kades) memiliki tugas untuk menyelenggarakan pemerintah, melaksanakan pembangunan, membina dan memberdayakan masyarakat.

Penegasan ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika menutup bimbingan teknis (bimtek) Wawasan Kebangsaan Kepala Desa se-Kabupaten Deli Serdang Gelombang II di Hall Berastagi Cottage, Jalan Gundaling No76, Berastagi, Kabupaten Karo, Rabu (10/8/2022) malam.

“Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut, Kades tentu harus berpegang teguh melaksanakan empat konsensus data dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Wabup.

Keempat konsensus itu, sebut Ali Yusuf, Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Jika Kades sudah memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, maka tentu akan  mencegah dari segala bentuk tindak penyimpangan hukum,” tegasnya.

Ketua Panitia Bimtek, Sumardi dari Lembaga Mitra Pembangunan Indonesia (LMPI) berharap, para Kades bisa memberikan semangat kebangsaan di Desa masing-masing.

“Membangun Desa namun tidak terlepas dari 4 konsensus. Tentu ini menjadi satu harga mati dalam rangka membangun Desa masing-masing, melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai kepala pemerintahan di Desa masing-masing,” ucapnya.

Turut hadir pada penutupan bimtek, Kasdim 0204 /DS, Mayor CZI TM Panjaitan, Kepala Dinas Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD), Khairul Azman, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Zainal Abidin Hutagalung, Sekretaris Dinas KominfoStan, Safii Sihombing, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Deli Serdang, Hajeman dan lainnya. (Idris)