Wakil Bupati Tobasa Apresiasi Program KSM Mata Air

Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus bersama istri saat menyapa para anak didik Sekolah Mata Air.

Tobasa, Lintangnews.com | Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hulman Sitorus didampingi istri, Kadis Lingkungan Hidup, Mintar Manurung dan Camat Lumban Julu Alfaret Manurung melakukan kunjungan ke bangunan tempat pengelolaan sampah berbasis TPS 3R yang dikelola oleh KSM Mata Air Sionggang Utara, kemarin.

Menurut Tenaga Fasilitator Lapangan yang membidangi tehnik Irwan Simanjuntak, bangunan TPS 3R itu saat ini masih tahap pembangunan fisik yang kini kondisi fisik sudah 97 persen.

Sementara untuk bobot progres dari total kegiatan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) sudah mencapai 78 persen. Progres yang belum dilaksanakan adalah pengadaan mesin di antaranya pengadaan 1 unit mesin pencacah sampah organik, 1 unit mesin pengayak kompos dan 1 unit kendaraan angkut atau bettor.

“Memang mesinnya sudah disurvei KSM Mata Air ke beberapa showroom di Medan, bahkan melakukan penawaran harga. Namun KSM belum dapat membelinya sehubungan pencairan dana termin ketiga masih dalam proses,” kata Irwan.

Sementara menurut Ketua KSM Mata Air, Donald Sirait menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tobasa yang telah mendukung program pihaknya. Donald menuturkan, sejak kehadiran program pembangunan itu bersumber dari Kementerian PUPR di Desa Sionggang Utara, Pemkab Tobasa tidak berdiam diri begitu saja walaupun bersumber dari APBN dan ditangani PSPLP Sumut dan dikelola KSM Mata Air.

Menurutnya, Kadis Lingkungan Hidup, Mintar Manurung dan Kabid Persampahan Rina Sondang Lumban Toruan telah sering hadir di TPS 3R untuk memberi motivasi, serta melakukan berbagai upaya untuk kelancaran program KSM Mata Air demi Tobasa bersih.

“Mereka membuka jalur bagi kami untuk duduk bersama para instansi, lembaga maupun pihak swasta untuk dapat membantu kegiatan KSM Mata Air. Upaya itu sudah kami rasakan, seperti beberapa Minggu lalu telah mendapat kunjungan dari pihak PT Toba Plup Lestari (TPL) Tbk. Kami berharap, TPL akan dapat bekerjasama untuk bersama melanjutkan visi dan misi KSM Mata Air,” ucap Donald.

Dia menambahkan, program dimaksud untuk mengatasi persoalan sampah di kawasan Danau Toba. Secara khusus sebagai bentuk dukungan program pemerintah oleh Presiden Jokowi untuk membangun kawasan Danau Toba menuju destinasi pariwisata bertaraf internasional (Monaco of Asia).

Sementara Wakil Bupati, Hulman Sitorus mengapresiasi usaha dan upaya KSM Mata Air. Dirinya berharap, agar visi dan misi KSM Mata Air itu berjalan dengan baik.

Usai meninjau bangunan TPS 3R, Hulman bersama rombongan singgah di Sekolah Mata Air yang didirikan KSM Mata Air sebagai kegiatan edukasi lingkungan. Sekolah itu tidak jauh dari bangunan TPS 3R yang hanya berjarak 40 meter.

Hulman juga menyapa para anak didik Sekolah Mata Air yang sedang asyik belajar. Sebagai bentuk dukungan, Hulman meminta agar dinas terkait di Pemkab Tobasa untuk dapat membantu sekolah dimaksud.

Dirinya juga mengapresisi kegiatan Sekolah Mata Air yang telah berupaya  untuk melakukan adopsi Anggrek Toba. Menurut orang nomor 2 di Tobasa itu, Anggrek Toba perlu dikembangkan dan harus menjadi souvenir bagi wisatawan nantinya.(asri).