Wakil Ketua DPRD Minta Bupati Samosir Evaluasi Kadis Kesehatan dan Direktur RSUD

Samosir, Lintangnews.com | Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasip Simbolon minta Bupati Samosir, Rapidin Simbolon untuk melakukan evaluasi terhadap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Direktur RSUD Hadrianus Sinaga dan beberapa jajarannya.

Ini karena dinilai lamban dalam penanganan kejadian-kejadian pada masa pandemi Covid-19 (Virus Corona) yang dialami masyarakat.

“Ada karyawan salah satu hotel yang tiba-tiba pingsan. Masyarakat sekitar tidak bisa berbuat apa-apa karena kondisi saat ini. Saya hubungi Kadinkes, ternyata handphone (HP) nya tidak aktif, sementara Direktur RSUD melempar tanggungjawab supaya ditangani Puskesmas,” ujar Nasip kepada wartawan, Selasa (26/5/2020).

Menurutnya, apabila waktu normal kejadian seperti ini dialami masyarakat, agar tidak terlalu panik. Nasip saat masa pandemi ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir yang terdiri dari Kadinkes dan Direktur RSUD, harus lebih sigap untuk memberi pelayanan dan jangan terlalu lama menjemput warga.

“Jangan sampai terulang kejadian seperti hari Rabu lalu, yang merenggut nyawa seorang ibu lanjut usia (lansia), karena keterlambatan petugas datang ke lokasi untuk membawa ke Rumah Sakit (RS),” tandas Nasip.

Lanjutnya, masyarakat tidak akan mau memberi bantuan, karena khawatir jika warga yang pingsan diduga terinfeksi virus itu. Protokol kesehatan juga menyarankan demikian. “Jadi, pejabat itu jangan saling lempar tanggungjawab,” ujar dia.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Samosir ini mengaku, sepakat apabila Bupati segera membentuk petugas yang menangani kejadian seperti ini. Sebab petugas ini akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Untuk diketahui karyawan Hotel Oyo Wisata Pangururan yang tergeletak dikteahui bernama Putra Hasibuan usia 19 tahun dan berasal dari Medan.

Diketahui Putra sudah 5 bulan bekerja di hotel tersebut. Dari hasil pemeriksaan dokter Dice Situmeang di IGD RSUD berdasarkan Screning Covid tidak masuk kriteria Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). (Don)