Wakili Bupati, Sekda Asahan Minta Bidan Tingkatkan Keterampilan dan Keahlian

Asahan, Lintangnews.com | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Asahan, Taufik ZA Siregar mewakili Bupati, Surya hadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Asahan ke 68 bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Kisaran,  Sabtu (28/9/2019).

Sekda dalam sambutannya mengatakan, dengan bertambah usia maka bidan bisa meningkatkan keterampilan dan keahliannya dalam bidangnya.

“Hal ini memberikan tantangan baru bagi para bidan bisa meningkatkan keterampilan dan keahliannya, baik dalam aspek penguasaan medis maupun pemberiaan layanan yang disertai keramahan, keterbukaan dan kekeluargaan, sehingga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat,” ujar Sekda.

Sementara Ketua DPRD Asahan, Baharuddin Harahap mengatakan, para bidan merupakan salah satu ujung tombak Pemkab Asahan dalam menuntaskan visi dan misinya, mewujudkan Asahan yang sehat.

“Kita juga mengetahui, para bidan sangat berjasa dalam membantu menyelamatkan ibu-ibu dalam persalinan, padahal saat itu keselamatan ibu dan bayi ada di tangannya. Tetapi dengan keterampilan, kecepatan dan kecekatan yang dimiliki para bidan, banyak ibu dan bayi dapat diselamatkan pada persalinan,” ungkapnya.

Ketua IBI Asahan, Elida Hanum Harahap mengatakan, jumlah anggota IBI saat ini sebanyak 1.200 orang.

Dia juga menyampaikan, dalam memeriahkan HUT IBI Asahan, para bidan mewakili dari 29 Puskesmas melakukan parade baju adat.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan bingkisan secara simbolis kepada 40 bidan dan penyerahan santunan bagi 50 anak yatim oleh Sekda. (Heru)