Wali Kota Ajak Masyarakat Siantar Budayakan Prilaku Hidup Bersih

Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat melihat hasil kreasi pelajar dengan daur ulang sampah.

Siantar, Lintangnews.com | Wali Kota Siantar, Hefriansyah mengajak masyarakat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Contoh kecil yang bisa dilakukan  dengan membiasakan cuci tangan sebelum makan, menjaga lingkungan rumah tetap bersih dan mengurangi produk sampah.

Hal ini disampaikan Hefriansyah saat memberikan sambutan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Kamis (21/2/ 2019).

“Dengan tema ‘Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai’, merupakan  bagian dari gerakan revolusi mental yang diinstruksikan Presiden RI Joko Widodo,” sebutnya di depan ratusan masyarakat dan pelajar.

Sambungnya, gerakan ini merupakan gerakan perubahan untuk Indonesia bersih, untuk Kota Siantar yang bersih dan sehat, agar masyarakat dapat meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam pengelolaan sampah.

“Seperti diketahui bersama setiap hari kita menghasilkan sampah yang sesungguhnya tidak perlu sampai ke Tempat Pemungutan Akhir (TPA). Misalnya sampah organik dari sisa makanan dapat kita kelola sendiri menjadi kompos yang bisa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman di pekarangan. Sampah plastik sekali pakai dapat kita kurangi dengan cara sederhana yaitu membawa keranjang atau tas belanja sendiri, membawa botol minum atau tumbler, mengurangi penggunaan sedotan plastik,” ujarnya.

Wali Kota berharap, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 dapat membangun kesadaran bersama untuk membudayakan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah.

Hefriansyah juga mengapresiasi dengan karya yang diciptakan para pelajar dan masyarakat. Menurutnya, sebagai bentuk apresiasi, Pemko Siantar tahun ini juga adakan lomba kreasi untuk pelajar di Siantar.

Wali Kota juga sampaikan terima kasih kepada seluruh petugas kebersihan yang terus berjuang membersihkan Siantar.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemko Siantar, Jekson Gultom berharap, kegiatan ini merupakan momentum lahirnya budaya bersih dan produktif di tengah-tengah masyarakat, dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, Pemko bersama Polres Siantar, Tim Pengerak PKK, Bhayangkari Cabang Siantar dimulai dengan gotong royong di Jalan Tuan Rondahaim, dan berakhir dengan perlombaan kreasi daur ulang sampah yang diikuti puluhan pelajar, serta ratusan warga.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu bersama puluhan petugas kebersihan dan pemulung. (elisbet)