Wali Kota Didesak Copot Esron Sinaga karena Terindikasi Korupsi

Aksi demo yang berlangsung di kantor Wali Kota Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Puluhan pengunjuk rasa yang menamakan dirinya Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Siantar Simalungun (Kompass) melakukan aksi damai di halaman gedung Balai Kota Siantar, Kamis (2/5/2019).

Kompass mendesak Wali Kota Siantar, Hefriansyah untuk mencopot Esron Sinaga dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub).

Kompass juga meminta Kapolres Siantar untuk memanggil dan memeriksa Esron Sinaga terkait dugaan korupsi proyek kegiataan pengadaan APILL (Alat Pemberian Isyarat Lalu Lintas).

Pengadaan running teks bernilai pagu anggaran sebesar Rp 704 juta itu diduga telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 400 juta.

Arif Harahap, selaku Kordinator Kompass mengatakan, pihaknya menemukan running teks di wilayah Kota Siantar hanya 27 unit. Diantaranya sudah ada yang rusak.

Dari penelusuran mereka, melalui cek harga 1 unit running teks berukuran 40 x 145  berbiaya rata-rata Rp 5-6,5 juta saja.

Arif memperkirakan, dari perhitungan 1 unit running teks itu dikalikan dengan jumlah running teks di wilayah Siantar maka berbiaya hanya Rp 162 juta saja.

“Esron Sinaga, tak layak dan kompeten di bidangnya, melihat kesembrawutan perparkiran dan minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kami minta Wali Kota segera menyikapi aksi ini agar tidak terkesan melindungi pejabat yang korup,” ucapnya.

Aksi yang dilakukan Kompass diterima oleh perwakilan Pemko Siantar, yakni Kabag Tata Pemerintahan, Junaidi A Sitanggang dan Kabag Humas, M Hamam Sholeh.

Junaidi mengatakan, jika ada temuan dalam bentuk kerugian negara dapat dikembalikan dalam jangka waktu tertentu.

“Jadi tidak berarti sifatnya pidana. Ada sifatnya administratif, yang bisa dikembalikan dalam jangka tertentu. Namun begitu pun, nanti kami sampaikan aspirasi kalian ke pimpinan,” terang Junaidi.

Dihubungi terpisah, Esron Sinaga yang dikonfirmasi via telepon seluler mengenai dugaan korupsi proyek APILL itu belum memberikan keterangan. (elisbet)