Wali Kota Siantar Berharap Pemerataan Program untuk Kesejahteraan Masyarakat

Suasana rapat Forum Perangkat Daerah berlangsung di ruang Serbaguna Bappeda Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Pemko Siantar melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2019 di ruang Serbaguna Bappeda, Selasa (12/3/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Hefriansyah diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Zainal Siahaan.

Dalam arahannya, Wali Kota mengatakan, pelaksanaan Forum Perangkat Daerah sangat penting dan strategis bagi pemko Siantar. Di mana tahap ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah mulai memadukan perencanaan pembangunan daerah dari bawah yakni hasil rembug warga, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan dan Kecamatan.

“Dengan perencanaan pembangunan dari atas meliputi kebijakan dari pemerintah atasan serta perencanaan teknokratis yang berasal dari kajian ilmiah OPD,” sebut Wali Kota.

Dirinya berharap, OPD dapat memunculkan pemerataan program kegiatan pembangunan yang dapat memicu peningkatan kesejahteraan masyarakat Siantar.

Hefriansyah juga memerintahkan pimpinan OPD segera menindaklanjuti hasil usulan rembug warga, Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan, dengan melakukan survey teknis sampai tersusunnya skala prioritas.

Sebelumnya, Kepala Bappeda, Midian Sianturi melaporkan, kegiatan Forum Perangkat Daerah bertujuan untuk menyelaraskan program dengan program Musrenbang Kecamatan. Caranya dengan pertajam indikator sesuai program OPD.

“OPD mensinkronosasikan dengan mengakomodir pokok pikiran masing-masing rencana kerja (renja) OPD,” sebutnya.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah itu dihadiri pimpinan OPD, Camat, Perbankan, BUMD dan Civitas Akademika. (rel)