Wali Kota Siantar Minta Antar Pimpinan OPD Tingkatkan Sinergi dan Koordinasi

Wali Kota, Hefriansyah saat memberikan pengarahan pada para pimpinan OPD.

Siantar, Lintangnews.com | Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Siantar memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam mewujudkan visi dan misi kota itu.

Karenanya, dibutuhkan sinergi dan meningkatkan koordinasi antar OPD sebagaimana motto, Sapangambei Manoktok Hitei.

Penegasan itu disampaikan Wali Kota Hefriansyah saat memimpin langsung Rapat Koordinasi Pemerintahan (Rakorpem), di Ruang Data, Kamis (17/1/2019).

Disampaikan, Rakorpem adalah program/kegiatan yang telah tertuang dalam APBD tahun 2019, sehingga harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.

Tentunya ini dilandasi azas kehati-hatian serta meningkatkan koordinasi dengan Inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Asah kembali kemampuan manajerial bapak/ibu dalam memimpin OPD untuk mencapai target maksimal melalui program/kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBD 2019,” kata Hefriansyah.

Wali Kota menuturkan, tahun 2018 dicanangkan sebagai tahun prestasi. Namun kenyataannya belum semua OPD memberikan prestasi yang dapat membawa nama baik Kota Siantar ke tingkat provinsi maupun nasional.

“Kepada yang sudah memberikan prestasi, saya ucapkan terima kasih. Pada kesempatan ini saya ingatkan kembali bagi OPD yang belum meraih prestasi, agar meningkatkan dan memberdayakan potensi di masing-masing OPD demi mencapai prestasi yang kita harapkan. Hal ini akan menjadi salah satu indikator penting dalam mengukur tingkat keberhasilan bapak ibu dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan di masing-masing OPD,” tegasnya.

Sambungnya, pimpinan OPD harus menganalisa segala potensi, aturan, permasalahan dan penyelesaian masalah dalam mengambil suatu keputusan dalam pelaksanaan tugas, terutama yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat.

“OPD yang berkaitan dengan pesta demokrasi, tingkatkan koordinasi dengan lembaga penyelenggara pemilu demi menyukseskan pesta demokrasi 2019 di Siantar,” kata Wali Kota mengingatkan.

Lanjut Hefriansyah, Permendagri Nomor 130 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, telah diterbitkan beberapa waktu lalu. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Siantar agar sesegera membahas langkah-langkah strategis dalam rangka menindaklanjuti ketentuan tersebut.

“Saya ingatkan bahwa setiap OPD memiliki peran dan tanggungjawab yang sama dalam mewujudkan visi-misi Kota Siantar. Oleh karena itu mari bersinergi dan tingkatkan koordinasi antar OPD sebagaimana motto kota Pematangsiantar Sapangambei Manoktok Hitei. Sehingga apa yang sudah kita rencanakan Insya Allah dapat terwujud sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah, Budi Utari Siregar, para Staf Ahli Wali Kota dan Asisten, Kepala BNNK Siantar AKBP Saudara Sinuhaji, pimpinan OPD, serta Camat. (rel)