Wali Kota Tebingtinggi Buka Forum Konsultasi Publik

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan sambutannya pada forum konsultasi publik.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan membuka secara resmi forum konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020 Kota Tebingtinggi, Jumat (18/1/2019) di Gedung Sawiyah.

Forum itu guna meningkatkan taraf kehidupan dan kualitas masyarakat melalui pendidikan, kesehatan dan tenaga kerja untuk menjadikan Tebingtinggi sebagai kota jasa dan perdagangan.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan, konsultasi publik ini merupakan bagian dari rangkaian satu kegiatan yang akan dimulai yaitu musyawarah rencana pembangunan, dilanjutkan dengan musrenbang Kelurahan, Kecamatan, forum SKPD dan selanjutnya sampai ke atas.

“Dan ini menunjukkan kepada kita, bahwa setiap yang direncanakan itu 1 tahun kedepan. Tahun 2020 masih lama lagi, tapi dari sekarang kita sudah melakukan pemikiran, mau kemana di tahun 2020 mendatang,” ujar Umar Zunaidi.

Menurut Wali Kota, dalam perencanaan ada yang namanya jangka panjang, menengah dan rencana kerja Pemko Tebingtinggi yang sifatnya tahunan.

Tetapi semua itu harus disesuaikan dengan apa yang ada di atas yaitu, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi dan Nasional.

“Harus ada satu kesatuan dengan apa yang kita rencanakan dan direncanakan pemerintah provinsi dan pusat. Sinkronisasi dan koordinasi itu perlu, termasuk dengan daerah-daerah tetangga agar kiranya sinergritas dan hasil dari apa yang dibangun itu memberikan dampak yang luar biasa,” terangnya.

Terakhir, Wali Kota mengajak semuanya bersama-sama meningkatkan kreatifitas dan inovasi di sektor kuliner khususnya Tebingtinggi. Pihaknya ingin Tebingtinggi menjadi The City of Kuliner.

“Ini supaya orang datang ke Tebingtinggi dan tidak harus pergi ke Medan untuk makan. Karena kita tau tol Tebingtinggi -Medan sudah selesai dan hanya memerlukan waktu setengah jam untuk sampai ke Medan dan ini menjadi tantangan kedepan,” papar Wali Kota.

Forum itu menghadirkan nara sumber Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi, M Hazly Azhari Hasibuan, Kepala Bappeda Sumut, Irman, Mangasi Sinurat dari STIE Bina Karya Tebingtinggi, Kadisdik Pardamen, Kadis Ketenagakerjaan, Iboy Hutapea, mewakili Kadis Kesehatan dan Kepala BPS diwakili Safrianto.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Pj Sekda, Marpusuk Siregar, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bappeda Tebingtinggi, Serdang Bedagai (Sergai), Batubara, Siantar dan Simalungun, Kabag Humas PP, para Camat dan Lurah, serta Ketua MUI. (purba)