Warga Desa Sidourip Gelar Tepung Tawar Turun Benih

Kegiatan ritual tepung tawar atau kenduri turun benih.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Puluhan warga Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang melakukan kegiatan ritual tepung tawar atau kenduri turun benih, Jumat (1/10/2021).

Ritual itu rutin di adakan tiap tahunnya oleh warga apabila memasuki tahun tanam padi. Kali ini mereka adakan di lahan persawahan Dusun II Desa setempat.

Selain membawa benih padi untuk didoakan, warga juga membawa makanan (sesajian) untuk disantap bersama. Sementara doa tepung tawar itu dipimpin Tokoh Masyarakat, Ustadz Yunus.

Kepala Desa (Kades) Sidourip, Sugiono menuturkan, kegiatan ini sudah rutin diadakan secara turun temurun, apabila memasuki tahun tanam padi turun kesawah.

“Pada tepung tawar atau kenduri ini, para petani membawa benih padi masing-masing untuk didoakan agar membawa berkah nantinya saat ditanam,” sebutnya.

Sugiono menambahkan, dengan tepung tawar itu, semoga untuk masa tanam tahun ini terhindar dari segala hama penyakit dan pertumbuhan padi bagus sehingga hasil panen berlimpah. (Idris)