Warga Haunatas II Apresiasi Kucuran Dana Desa

5
Kantor Kepala Desa Haunatas II.

Tobasa, Lintangnews.com | Warga Desa Haunatas II, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengapresiasi program pemerintah pusat dengan dana desa yang langsung menyentuh percepatan pembangunan yang terarah dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jika selama ini desa kami jarang disentuh pembangunan dengan menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tobasa maupun APBN. Maklum desa kami bisa dikatakan daerah yang terpencil,” jelas salah seorang warga Tiodor Siallagan, Senin (26/11/2018).

Warga lainnya, Juspen Pasaribu menuturkan, dengan dana desa pembangunan jalan menuju persawahan (rabat beton) menjadi bagus, sehingga masyarakat menjadi lebih mudah mengangkut hasil pertanian saat panen tiba.

“Pembangunan dana desa lebih diprioritaskan pada saluran irigasi ada 2 titik, di Dusun I Batu Gana Sosor Lumban Hariara dan Dusun II Pangasehan juga dalam peningkatan sumber air bersih dibangun sumur bor di 4 titik, sehingga masyarakat Desa Haunatas II tidak kesulitan memperoleh sumber air minum,” sebutnya.

Pembangunan irigasi di Desa Haunatas II membantu masyarakat untuk mengairi sawah menjadi lancar.

Jika selama ini saluran air sering macet disebabkan saluran air roboh karena sebelumnya dinding saluran air dari tanah. Apalagi jika hujan turun, dinding yang terbuat dari tanah tidak mampu menampung debit air.

“Karena dana desa, irigasi menjadi permanen dapat menahan debit air saat hujan tiba, sehingga tidak lagi jebol,” ucap Juspen.

Lanjutnya, pembangunan dari anggaran dana desa bukan hanya menguntungkan dalam pembangunan fisik saja, tetapi menambah ekonomi warga Desa Haunatas II. Sebab yang mengerjakan pembangunan fisik adalah warga, sehingga membuat penghasilan ekonomi bertambah. (asri)