Wisuda Akbar YPWP Medan Dimeriahkan Artis Indosiar dan Tamu Kehormatan

Para orang tua santri yang menghadiri acara wisdua yang dilaksanakan YPWP Medan.

Medan, Lintangnews.com | Ketua Yayasan Pendidikan Wiranusa Pratama (YPWP) Medan, M Cheriandiva Putrakaya Harahap melantik atau wisuda lulusan MDA Wiranusa Pratama angkatan ke V sebanyak 35 orang dan SD Swasta Wira Mandiri angkatan ke I sebanyak 7 orang.

Kegiatan wisuda itu berlangsung di gedung TK Al-Abrar, Jalan Magnolia Blok II Griya Martubung III Medan, Kecamatan Medan Labuhan, Minggu (28/4/2019).

 Wisuda akbar dan acara perpisahan ini juga dihadiri tamu kehormatan yaitu,Pengawas Yayasan,  Iriani, Wali Kota Medan yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Marasutan Siregar, Kasi Kurikulum SD dan Kabid TK/PAUD, dan Anggota DPD, Dedi Iskandar Batubara.

Kegiatan  juga turut di meriahkan runner up DAI Aksi Indosiar Ustadzah Adillah Putri Hafzi dan runner up Suca 3 Indosiar, Karyn.

Cheriandiva Harahap mengatakan, ini merupakan wisuda terbesar yang pernah mereka adakan, karena diikuti 2  tingkatan jenjang pendidikan SD angkatan ke I dan MDA angkatan ke V.

“Dari tahun ke tahun proses wisuda ini kita laksanakan selalu berbeda, banyak ragam dan banyak perubahan. Maka dari itu setiap tahunnya kita berbeda dan memberikan sesuatu yang baru,” sebutnya.

Foto bersama dengan 3 orang wisudawan terbaik tingkat MDA.

Cheriandiva juga flashback mengenai Pendiri YPWP yakni, Kayamuddin Harahap yang sosoknya cinta pada dunia pendidikan. Walaupun di usia yang sudah cukup menua, Kayamuddin tidak pernah berhenti belajar. Beliau merupakan seorang pendidik dari mulai usia muda nya sampai hingga akhir hayatnya.

“Beliau tercatat sebagai guru memiliki jam terbang yang sangat tinggi, karena mengajar di seluruh sekolah negeri dan swasta di Kota Medan, baik dari tingkat SD-SMP-SMA-SMK. Semangat ini lah yang patut kita tiru dan kita jadikan pembelajaran,” tegas Cheriandiva.

Kadisdik Pemko Medan, Marasutan Siregar mengapresiasi kegiatan wisuda akbar yang dilaksanakan YPWP karena telah menanamkan aspek religius pada sekolah. Ini terlihat dari penampilan-penampilan peserta didik yang piawai dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an dan Hafalan Tahfizh Al-Qur’an.

“Ada 3 keistimewaan menjadi guru, pertama mapan dalam unsur pegawai. Yang kedua mapan dalam unsur didaktik (mengajar) danketiga mantap dalam unsur psikologis. Alangkah istimewanya guru jika memiliki ketiganya,” kata Marasutan.

Dedi Iskandar Batubara  menuturkan, ini merupakan kehadiran kedua kalinya pada acara perpisahan yang dilaksanakan YPWP. Dirinya bangga terhadap YPWP terus berkembang dan melahirkan anak-anak didik yang memiliki nilai-nilai Islam pada dirinya.

Ustadzah Adillah Putri Hafzi dalam tausyiah singkatnya berpesan kepada para wisudawan untuk jangan pernah pesimis dan berkecil hati untuk sekolah yang tinggi, hanya karena orang tua tidak mampu.

Para orang tua santri yang menghadiri acara wisdua yang dilaksanakan YPWP Medan.

“Setinggi apapun cita-cita  harus kita gapai dan kejar. Walaupun orang tua kita tidak kaya dan tak mampu,” paparnya.

Perwakilan orang tua santri juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah mendidik dan memberikan ilmu terhadap putra-putri mereka, sehingga dapat diwisuda. Pasalnya, anak-anak sudah bisa membaca Al-Qur’an, hafalan Al-Qur’an dan melaksanakan sholat dengan baik.

Ketua Panitia Perpisahan dan Wisuda Akbar, M Wirahadinusa Putrakaya Harahap menyampaikan, telah terpilih 3 orang wisudawan terbaik tingkat MDA. Mereka adalah  Aliyah Sabrina (Terbaik I), Reyna Adelia (Terbaik II) dan Affan Ramdi Ashari (TerbaikIII). Wisudawan terbaik tingkat SD yakni, Anjas Putra Pratama Sembiring (Terbaik I), Reqza Aulia Pratama Sembiring (Terbaik II) dan Aldo Fahriza (Terbaik III).

“Ada beberapa kriteria yang ditetapkpan pengurus YPWP untuk menetapkan wisudawan Terbaik. Pertama, berdasarkan dari nilai ujian akhir, kedua adalah akhlak dan prilaku selama di madrasah, ketiga tingkat kehadiran dan keempat hafalan tahfizh Al-Qur’an,” sebut Wirahadinusa. (rel)