YPWP Medan Gelar Khataman Al-Quran dan Serahkan Piagam Penghargaan

M Wirahadinusa Putrakaya Harahap didampingi Wali Kelas, Widya Putrikaya Harahap memberikan piagam penghargaan kepada kelas IV MDA Sore .

Medan, Lintangnews.com | Yayasan Pendidikan Wiranusa Pratama (YPWP) Medan merupakan wadah pendidikan Islam bagi seluruh masyarakat muslim.

Yayasan ini sudah cukup lama berkembang dan berkiprah di masyarakat umumnya di dunia pendidikan. YPWP mengelola beberapa jenjang pendidikan di antaranya, SD Islam (Sekolah Dasar), TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan MDA (Madrasah Dinniyah Awwaliyah).

Rabu (6/2/2019) kemarin, YPWP Medan memberikan piagam penghargaan kepada kelas IV MDA Sore yang telah mengkhatamkan Al-Quran secara bersama-sama (berjamaah).

Piagam tersebut diserahkan langsung oleh M Wirahadinusa Putrakaya Harahap mewakili Kepala Madrasah, kepada Ketua Kelas IV MDA Sore didampingi Widya Putrikaya Harahap selaku Wali Kelas dan Guru Pembimbing Al-Quran.

MDA Wiranusa Pratama Medan yang beralamat di Jalan Jurung 1 No 39-40 Blok D Griya Martubung II Medan mewajibkan seluruh santri membaca Al-Quran secara bersama-sama sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Beberapa minggu yang lalu santri-santri MDA Wiranusa Pratama Medan kelas IV MDA Sore telah mencapai puncaknya membaca Al-quran dan mengkhatamkannya yang dibimbing serta diawasi langsung oleh guru kelas.  Tepat pada hari itu pula kelas diramaikan dengan lantunan ayat suci Al-Quran pertanda kahataman Al-Quran sedang dimulai.

Membaca Al-Quran merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi semua umat muslim, serta memahami isi kandungan Al-Quran merupakan suatu jalan menuju kebaikan bagi orang yang mau memahami isi kandungan Al-Quran.

Bagi umat muslim yang membaca Al-Quran akan diberi pahala oleh Allah SWT, bahkan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran saja mendapat pahala, apalagi membaca dan memahami isi kandungan Al-Quran.

Foto bersama dengan para santri kelas IV MDA Sore yang telah mengkhatamkan Al-Quran.

“Ini lah sebabnya MDA Wiranusa Pratama menanamkan budaya membaca Al-Quran berjamaah di kelas, sebelum memulai belajar,” ujar M Wirahadinusa Putrakaya pada penyerahan Piagam Penghargaan Khataman Al-Quran.

Di tempat terpisah, M Cheriandiva P Kaya Harahap selaku Ketua Yayasan mengapresiasi luar biasa kepada kelas yang sudah khatam Al-Quran secara berjamaah.

Menurutnya, Khataman Al-Quran berjamaah ini merupakan program MDA Wiranusa Pratama. Dengan adanya program tersebut, diharapkan dapat menanamkan rasa cinta membaca Al-Quran di dalam diri para santri.

Kedepannya Cheriandiva berharap, agar santri MDA Wiranusa Pratama dapat mengkhatamkan Al-Qur’an dalam waktu 1 bulan.

Lanjutnya, generasi muda dapat menjadi generasi yang terbaik apabila melakukan 3 hal. Yang pertama menjadikan Al-Quran sebagai satu-satunya pegangan hidup. Kedua mengimplementasikan apa yang diinginkan Allah di Al-Quran kedalam kekehidupan sehari hari. Dan ketiga membuang jauh-jauh sifat-sifat jahiliyah (sifat kebodohan).

“Adapun manfaat atau keutamaan membaca Al-Quran adalah pertama, akan menjadi syafaat bagi pembacanya dihari kiamat. Kedua mendapatkan predikat insani terbaik. Ketiga mendapatkan pahala bersama malaikat diakhirat bagi yang mahir membacanya. Keempat mendapatkan pahala dua kali lipat bagi yang belum lancar. Kelima akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT,” sebut Cheriandiva.

Selain itu, mengkhatamkan Al-Quran juga bermanfaat. Manfaat yang pertama merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Kedua mendapatkan doa atau sholawat dari malaikat. Ketiga, mengikuti sunnah Rasulullah.

“Itulah beberapa manfaat membaca serta mengkhatamkan Al-quran, jadi mari kita sama-sama mencintai Al-Quran,” ajak Cheriandiva. (rel)