Zaman Sahputra Terpilih Sebagai Ketua PAMK Polsek Beringin

Pertemuan dengan para tokoh agama di Kecamatan Beringin.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Puluhan tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Khonghucu se-Kecamatan Beringin sepakat membentuk Pemuka Agama Mitra Kamtibmas (PAMK) Polsek Beringin, Rabu (1/12/2021).

Pada kesempatan itu, Zaman Sahputra terpilih menjadi Ketua PAMK Polsek Beringin yang berlangsung di Aula Mapolsek setempat.

Acara pembentukan sekaligus penyusunan pengurus PAMK masa bhakti 2021-2023 itu dihadiri Kapolsek Beringin, AKP Doni Simanjuntak, Camat Beringin, Wahyu Rismiana dan Kanit Binmas, Iptu Sutarjo.

Zaman menuturkan, pada tanggal 23 November 2021 lalu melalui Wakapolresta Deli Serdang, pihaknya diberikan mandat untuk segera membentuk PAMK di wilayah Polsek Beringin.

“Kita bentuk PAMK ini untuk membantu atau menjadi mitra kamtibmas dan Pemerintahan Kecamatan (Pemkec), sekaligus mensosialisasikan program Kepolisian dan pemerintahan,” sebutnya.

Ditambahkan Zaman, pembentukan PAMK ini berdasarkan 3 hal. Yakni saat ini diketahui di daerah mereka, 1 orang polisi mengayomi seribuan lebih masyarakat. Hal ini tentunya kurang dan tidak efektif, karena itu PAMK dapat membantu tugas dari kamtibmas tersebut.

“Yang kedua sumber daya manusia (SDM) polisi untuk berdakwah di rumah ibadah sangat terbatas. Kita sebagai pemuka agama dapat membantu melalui ilmu yang dimiliki, Ketiga, sarana dan prasarana yang dimiliki Polri masih terbatas, sehingga juga menjadi tugas kita sebagai PAMK dapat membantu,” ujar Zaman.

Sementara Kapolsek mengatakan, berdirinya PAMK di Beringin memang sudah ada arahan dari Polresta Deli Serdang untuk dibentuk secepatnya. Menurutnya, Kepolisian harus bersinergi dengan PAMK untuk dapat terus mengayomi masyarakat.

“Kita mau nantinya dengan adanya PAMK segala permasalahan pidana ringan dapat diselesaikan di tingkat Desa saja, jangan sampai ke Polsek dengan mengandeng Babinsa maupun Bhabinkamtibmas,” sebut Doni.

Selain itu, dirinya berharap PAMK menjadi garda terdepan untuk mensosialisasikan, sekaligus mengajak warga untuk ikut vaksinasi agar bisa hidup sehat.

“Terkait sebentar lagi adanya hari besar agama dan perayaan Tahun Baru, kita harus beker jasama untuk mengantisipasi agar jangan terjadi klaster baru, akibat kerumunan dan keramaian nantinya,” papar Kapolsek.

Senada dengan itu Camat Beringin berharap, PAMK nantinya dapat berperan di tengah-tengah masyarakat untuk memberantas berita hoaks.

“Kami juga berharap selain menjadi mitra kamtibmas PAMK dapat lebih menyuarakan tentang protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi pada masyarakat, karena merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk melindungi rakyatnya,” sebutnya. (Idris)