Dua Kecamatan di Taput Terjadi Kenaikan Angka Terkonfirmasi Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Taput, Alexander Gultom.

Taput, Lintangnews.com | Sesuai hasil laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tanggal 13 Juli 2021, dari 15 Kecamatan, ada 2 Kecamatan yakni Siborong-borong dan Tarutung mengalami peningkatan secara signifikan terkait angka terkonfirmasi Covid 19.

Seperti di Kecamatan Siborong-borong ada sekitar 421 orang yang terkonfirmasi. Dengan rincian, 49 orang diisolasi mandiri, sembuh 365 orang dan meninggal dunia 8 orang.

Sementara di Kecamatan Tarutung, diketahui terkonfirmasi ada sebanyak 796 orang, diisolasi mandiri 68, sembuh 716 orang dan meninggal dunia 12 orang.

Menyikapi angka kenaikan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab Taput, Alexander Gultom menduga, penerapan prokol kesehatan (prokes) melalui 5M sudah mulai kendor di tengah-tengah masyarakat. “Itu dugaan penyebabnya mengapa naik angka tersebut,” paparnya, Jumat (16/7/2021).

Terkait tindakan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Taput untuk mengatasinya,  Alexander menyampaikan, telah dikeluarkan Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 10 Tahun 2021 terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk Desa atau Kelurahan yang masuk dalam zona merah.

“Ini supaya meniadakan kegiatan-kegiatan sosial dan ibadah di tempat peribadatan dan peningkatan Operasi Yustisi,” paparnya. (Pembela)