Terkait Netralitas ASN, Korwil Pendidikan Panei Abaikan Panggilan Panwaslu

Anggota Panwaslu Kecamatan Panei, Lamhot Samosir.

Simalungun, Lintangnews.com | Oknum Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan (Disdik) di Kecamatan Panei, Agustinus Sitanggang abaikan panggilan yang dilakukan Panwaslu Kecamatan Panei, Rabu (27/3/2019) kemarin.

Agustinus dipanggil dalam rangka memintainya keterangan terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh kepala Sekolah (Kepsek) di Kecamatan Panei pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang.

Pasalnya, Jumat (22/3/2019) lalu, Agustinus memfasilitasi pertemuan dengan semua Kepsek di DL Cafe, Jalan Maluku, Kota Siantar untuk mensosialisasikan tehnikal pemenangan oknum Calon Legislatif (Caleg) berinisial NS.

Diketahui Caleg itu berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Kabupaten Simalungun meliputi, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Dolok Panribuan, Jorlang Hataran, Pematang Sidamanik, Sidamanik, Dolok Pardamean dan Panei.

Terpisah, Kepsek SD No 098082 Batu 20, Boru Parhusip membenarkan dirinya hadir pada pertemuan. “Selamat malam. Hanya silaturahmi saja. Terima kasih,” ucapnya.

Mangkirnya Agustinus itu dibenarkan Ketua Panwaslu Kecamatan Panei, Henok Parulian Siadari melalui anggota, Lamhot Samosir di kantornya, Kamis (28/3/2019).

Dikatakan Lamhot, pihaknya telah menyurati Agustinus dan salah seorang Kepsek di Kecamatan Pane untuk memintai klarifikasi terkait pertemuan yang difasilitasi bersangkutan di DL Cafe.

Namun pada waktu dan hari yang telah ditetapkan, Agustinus jutsru tidak mau datang tanpa alasan pasti. Melainkan yang hadir hanya oknum Kepsek dimaksud.

“Yang datang hanya Kepsek, dan diterangkan pertemuan tersebut hanya untuk silaturahmi dengan Korwil. Walaupun  diabaikan, kita akan layangkan panggilan kedua,” ucap Lamhot.

Adapun dasar hukum pemanggilan itu lanjut Lamhot yakni, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Pemilihan Umum, surat Bawaslu RI No : 1692/K Bawaslu/PM.OO.OO/X/2018 tentang Netralitas ASN pada Pemilu dan surat Menpan RB No : B/71/M.SM.OO.OO/2017 tentang Pelaksanaan Netralitas ASN pada Pemilu. (zai)